November 25, 2012

Seks Sumber Utama Kebahagiaan?


Sumber kebahagiaan bagi setiap orang bisa berbeda-beda. Sebuah studi menemukan, kebahagiaan yang paling utama berasal dari hubungan intim.

Para peneliti di University of Canterbury di Selandia Baru menemukan bahwa seks bukan hanya sumber kesenangan, tapi kunci kebahagiaan seseorang dalam kehidupan sehari-hari.

Demi mencari apa yang paling berharga dalam hidup, peneliti menghubungi peserta secara acak tiga kali sehari selama seminggu lewat pesan singkat. Para peserta diminta mengungkap aktivitas mereka saat itu berdasar empat kriteria: bagaimana mereka merasa terlibat dalam kegiatan, berapa besar kebahagiaan yang dirasakan, bagaimana hal itu mempengaruhi kebahagiaan secara keseluruhan, dan makna aktivitas itu bagi kehidupan mereka.

Hasilnya, terdapat 33 jenis kegiatan yang ditulis peserta, sebanyak 97 persen menjawab empat pertanyaan. Seks berada di peringkat atas kebahagiaan. Namun, jawaban bervariasi. Misalnya, minum alkohol menempati urutan kedua hal yang memberi kesenangan, tapi menempati urutan ke-10 bila berkaitan dengan maknanya.

Sakit adalah hal paling membuat orang paling merasa tak bahagia  Tapi sakit juga lebih mendekatkan orang daripada mencuci, berpakaian atau perawatan, yang berada pada peringkat 30 dalam daftar itu.

Facebook memberi kesenangan lebih sedikit, hanya berada pada peringkat 24. Sementara peserta merasa lebih berbahagia saat menjalani kegiatan keagamaan daripada mereka yang mengurus anak.

CBC News memuat, hal menarik lainnya adalah, meskipun mengeluh, peserta ternyata lebih menikmati bekerja daripada bersekolah. Mereka lebih memilih meluangkan satu hari untuk bekerja ketimbang belajar, walaupun makna belajar dua kali lebih penting daripada pekerjaan