September 2, 2015

Objek Wisata Lainnya di Pulau Samosir Selain Danau Toba

Objek Wisata Lainnya di Pulau Samosir Selain Danau Toba
Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik yang letaknya berada ditengah-tengah danau Toba. Secara geografis pulau ini terletak di Kab. Samosir, Propinsi Sumatera Utara. Pulau ini merupakan pulau di dalam pulau yang sekelilingnya dipenuhi dengan air danau Toba yang merupakan danau terbesar di Indonesia. Pulau Samosir memiliki berbagai jenis keindahan yang pantas untuk menjadikannya sebagai tempat wisata. Mulai dari keindahan alamnya, keunikan budayanya, keramahan masyarakatnya dan tentu saja infrastruktur yang lengkap.

Ada beberapa akses yang bisa digunakan untuk sampai ke pulau ini, baik melalui jalur darat maupun jalur air. Salah satu jalur air yang bisa anda gunakan adalah melalui Dermaga di Kota Prapat lalu menyeberang menggunakan kapal Feri menuju desa Tuk-Tuk. Kurang lebih memerlukan waktu sekitar 40 menit untuk menyebrang. Sedangkan jika anda memilih jalur darat, anda bisa melalui daerah Pangururan yang merupakan tempat pertemuan antara pulau Samosir dan pulau Sumatera.

Pulau ini bukan hanya menawarkan wisata keindahan alam saja, tapi juga wisata budaya, wisata pertanian, wisata perairan dan lainnya. Ada banyak tempat yang bisa anda kunjungi saat berwisata di pulau Samosir dan semuanya menyajikan keindahan dan keunikan yang berbeda sehingga anda akan menemukan hal-hal baru saat mengunjungi setiap tempat wisata yang ada di pulau Samosir.


Makam Raja Sidabutar
Makam ini berada di Desa Tomok, konon katanya Raja Sidabutar adalah nenek moyang dari Suku Batak dan merupakan orang pertama yang bermukim di Tomok. Makam Raja Sidabutar merupakan peninggalan zaman megalitikum. Bentuk makamnya berupa peti yang terbuat dari batu yang sangat besar dan dipahat dengan ornament yang sangat indah.

Gunung Pusuk Buhit

Objek wisata yang tak kalah indahnya adalah Gunung Pusuk Buhit. Gunung ini merupakan gunung yang berasal dari sisa letusan Gunung Toba pada masa lampau. Gunung ini menyajikan keindahan alam yang sangat luar biasa. Dari sini kita bisa melihat kawasan Danau Toba dan pulau Samosir-nya serta panorama perkampungan yang ada diperbukitan. Diatas gunung Pusuk Buhit, terdapat rumah silsilah Siraja Batak yang disebut dengan Guru Tatea Bulan. Tempat ini sering di gunakan sebagai tempat acara budaya Batak dan tempat ritual kepercayaan. Di rumah ini juga anda akan melihat patung-patung Raja Batak dan keturunannya. Jika anda ingin melihat rumah ini lebih detail lagi maka anda harus melepas alas kaki sebelum masuk ke dalamnya.


Air Terjun Batu Sawan
Air terjun yang letaknya di Desa Sarihamit ini diberi nama Batu Sawan karena airnya bermuara di sebuah batu besar berbentuk cawan (sawan). Rasanya airnya sangat unik yaitu asam dan kecut seperti jeruk purut. Air terjun ini dianggap sakral oleh penduduk setempat karena dipercaya sebagai tempat mandi nya Raja Namartua Pusuk Buhit.

Danau Sidihoni
Danau ini letaknya di Desa Pagururan dan pemandangan di danau ini sungguh indah. Lokasinya yang dikelilingi oleh bukit landai dengan deretan pohon pinus yang berwarna hijau sungguh menambah pesona danau ini. Air di danau ini memiliki keunikan yaitu warna airnya sering berubah. Oleh penduduk setempat perubahan warna ini sering dikaitkan dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di Indonesia.

Aek Rangat Pagururan

Aek ragat artinya dalam bahasa batak artinya adalah air panas, tempat ini merupakan kolam-kolam air panas yang dikelola oleh masyarakat setempat sebagai tempat wisata. Tempat ini sangat cocok sekali bagi anda yang ingin melepas lelah setelah menikmati keindahan objek wisata yang terdapat di pulau Samosir. Air panas pagururan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena airnya mengandung sulfur yang tinggi.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat wisata unik yang bisa anda kunjungi di pulau Samosir. Walaupun pulau ini hanyalah pulau kecil, tetapi pesona dan keindahan yang terdapat didalamnya sangat luar biasa.

Objek Wisata Lainnya di Pulau Samosir Selain Danau Toba

Keywords: Objek Wisata, Danau Toba, Aek Rangat Pagururan, Danau Sidihoni, Air Terjun Batu Sawan, Prapat

Penulis: Nao Tomori