August 24, 2015

Cara Membuat Es Krim Mudah tanpa Mesin


Cara Membuat Es Krim Mudah tanpa Mesin


Cara Membuat Es Krim Mudah tanpa Mesin - Terkadang di waktu luang kita ingin sekali makan es krim, tapi bosan juga ya kalau beli es krim langsung jadi dan mungkin ada baiknya kalau kita belajar membuat es krim buatan sendiri. Biasanya orang akan menggunakan mesin pembuat es krim untuk mempermudah proses pembuatannya. Memang menggunakan mesin pembuat es krim dapat membuat es krim dengan mudah dan juga cepat, namun itu bukanlah satu-satunya cara untuk membuat es krim. Dengan sedikit peralatan dapur dan kreatifitas, kini kamu juga bisa membuat es krim yang lembut tanpa perlu menggunakan mesin.

Yuk sama-sama simak cara membuat es krim mudah tanpa mesin berikut:

1. Siapkan Bahan-Bahan

Cara Membuat Es Krim Mudah tanpa Mesin


Bahan-bahan dasar yang diperlukan untuk membuat es krim adalah susu, krim, dan gula namun ada beberapa bahan tambahan yang akan membantu menghentikan pembentukan kristal besar. Maka dari itu, es krim puding yang terbuat dari kuning telur sangatlah bagus digunakan. Masukkan kuning terlur dan gula, masing-masing setengah ke dalam sebuah panci ukuran sedang.

2. Aduk Adonan Es Krim

Cara membuat es krim mudah 2015

Sekarang dinginkan adonan es krim kamu dengan menuangkannya ke mangkok kotak skemudian aduk. Ketika sudah siap dibekukan, tuangkan adonan ke wadah plastik sampaih terisi penuh dan merata. Gunakan wadah yang dangkal untuk mempercepat proses pembekuan.

3. Bekukan dan Kikis



Tutup adonan dan taruh di mesin pendingin selama 45 menit. Setelah 45 menit, ujung-ujung es krim akan mulai mengeras. Kikis tepi bekunya dari sisi piring menggunakan spatula dan aduk mereka ke dalam sisa hidangan es krim sebelumnya. Lanjut, bekukan selama 30 menit, kikis lagi, aduk dan bekukan lagi.


4. Kocok Kristalnya


Terus ulangi proses aduk dan dinginkan setiap 30 menit. Setalah es krimnya sedikit menebal, gunakan kocokan atau immersion blender untuk mencampur adonannya.


5. Tambahkan Bahan-Bahan Lain



Saat tekstur es krim sudah lembut, kini saatnya kita tambahkan bahan-bahan lain. Kamu dapat menggunakan sirup stroberi atau coklat, selai kacang, dan lain-lain. Silakan ditambahkan dengan bahan-bahan lain yang kamu suka. Campur sampai rata kemudian masukkan lagi ke dalam mesin pendingin selama satu jam lebih.



6. Nikmati atau Simpan di Kulkas


Setelah 1 jam, es krimnya sudah siap disantap. Sekarang kamu dapat segera mengonsumsinya atau simpan di kulkas untuk dinikmati nanti. Bagaimana cara membuat es krim udah tanpa mesin, mudah bukan? Gunakan kreatifiasmu untuk membuat variasi es krim buatan rumah lainnya. Selamat berkreasi.


Sumber - Food.com