August 12, 2015

Robot Android Semakin Mirip Manusia

Android Erica. Gambar diambil dari Mashable.

Booampas.com - Profesor Hiroshi Ishiguro dari Universitas Osaka, Jepang kembali menawarkan robot insan (Android) rancangannya yang terus seperti dengan manusia. Robot wanita tersebut diberi nama Erica.

Berbeda dengan rancangan Ishiguro sebelumnya, Erica bukan hanya dirancang untuk memanjakan mata, tetapi juga indera pendengaran penggemar Android. Ya, Ishiguro sudah menambah performa berkata robot android-nya, tidak hanya juga bahasa tubuh dikala berbicara.

Dikutip KompasTekno dari Mashable, Rabu (12/8/2015), Ishiguro mencoba untuk menghapus kecanggungan yang timbul dikala insan berkomunikasi dengan robot.

Walau tetap terkesan kaku untuk standar manusia, tetapi Erica dikala didemonstrasikan di hadapan para jurnalis terbukti terkesan terus seperti dengan manusia.

Ia dapat berkedip, memiringkan kepala, mempunyai gerakan kulit wajah yang mencerimnkan emosi, menggerakkan bibir, serta bahasa tubuh yang mengikuti gaya bicaranya.

Bahkan robot android ini juga dapat menggumamkan "uuuunnnn?", suatu komunikasi non-verbal yang berarti "sungguh?" yang umum digunakan di Jepang.

Erica merupakan akibat kolaborasi antara Japan Science and Technology Agency, Osaka University, the Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR) serta Kyoto University.

Saat ini Erica sedang dipamerkan di Miraikan National Museum of Emerging Science and Innovation di Tokyo, Jepang.