August 31, 2015

Merasakan Sensasi dan Keindahan Afrika Di Pulau Jawa

Merasakan Sensasi dan Keindahan Afrika Di Pulau Jawa
Nama Baluran di Situbondo ternyata sudah dikenal di Indonesia sebagai “Afrika Di Ujung Pulau Jawa”. Bagaimana tidak, lokasi ini memang mirip dengan savanna yang ada di Afrika. Bagi anda yang menyukai pesona keindahan alam bebas, maka tempat ini patut untuk anda kunjungi. Taman Nasional Baluran terletak di Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo, Jawa Timur. Afrika kecil ini memiliki luas sekitar 25 hektar. Dari pintu gerbang, perjalanan akan dilanjutkan kembali sejauh 15 km. Penjaga pintu masuk akan memberikan informasi tentang jalan yang harus dilewati. Walaupun jarak 15 km bisa dibilang jarak yang dekat tapi kondisi jalan yang tidak bagus, dengan kontur yang tidak rata dan ditambah beberapa genangan air akibat air hujan (jika datang saat musim hujan) akan sedikit menghambat perjalanan.

Savana di Taman Nasional ini sangat mempesona. Bayangkan saja kita akan dibuat seolah-olah benar-benar berada di Benua Afrika. Savana Bekol merupakan titik yang akan dituju, karena disinilah keindahan taman ini berpusat. Savana ini terbentang luas dengan berbagai macam hewan-hewan. Belum jauh masuk kedalam savanna, kawanan rusa-rusa yang cantik sedang berkeliaran dan asik berkeliaran di padang rumput atau mungkin hewan-hewan lain bisa saja menyambut kedatangan anda, 
Merasakan Sensasi dan Keindahan Afrika Di Pulau Jawa
Menurut informasi disini terdapat 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung, termasuk burung-burung langka. Selain merak dan rusa para pengunjung bisa melihat kawanan monyet yang bergelantungan di pohon, kerbau-kerbau yang sedang berkubang dilumpur dan banteng yang sedang merumput ataupun hewan-hewan lainnya, semua akan terpampang jelas dihadapan mata anda. Jika anda ingin mengambil foto-foto, mungkin hanya bisa dilakukan dari jarak jauh saja, karena apabila didekati hewan-hewan ini akan menjauh. Mungkin kamera dengan lensa panjang sangat pas dibawa untuk mengabadikan setiap momen yang ada disini, ditambah lagi, Taman Nasional ini berlatar belakang Gunung Baluran sehingga menambah nilai eksotis dari tempat ini.

Merasakan Sensasi dan Keindahan Afrika Di Pulau Jawa
Jika anda mengunjungi tempat ini pada musim kemarau, savanna Baluran akan berubah mejadi padang rumput yang tandus. Anda akan melihat padang rumput yang tadinya berwarna hijau membentang berubah menjadi berwarna kecoklatan karena mengering. Ditambah lagi pepohonan yang tumbuh di sekitar savanna, maka anda benar-benar akan teringat pada Afrika. Tapi keadaan ini juga kadang tak menguntungkan, kondisi yang terlalu panas dengan tingkat curah hujan yang rendah akan membuat rumput tumbuh dengan pendek sehingga akan membuat kawanan hewan-hewan seperti banteng akan terlalu malas keluar untuk mencari makan, padahal banteng merupakan maskot Taman Nasional Baluran. Sungguh sayang jika momen seperti ini tidak bisa anda abadikan lewat jepretan foto, tapi menurut penjaga taman ini sore harilah bisanya para hewan keluar untuk minum dikubangan. Tak hanya hewan-hewan, tanaman pun tumbuh subur di tempat ini dan ada empat ratus lebih jenis tanaman yang tumbuh disini.

Taman Nasional Baluran juga menyediakan akomodasi penginapan yang letaknya berada di hadapan padang savanna, lokasinya sekitar 12 km dari pintu masuk. Dari penginapan ini anda juga bisa melihat kumpulan rusa ataupun monyet dari kejauhan, sesekali merak, landak dan ular kadang menjadi hewan-hewan usil yang sering datang ke kawasan penginapan ini.

Nah, itulah keindahan dan sensasi Afrika di pulau Jawa, jadi tidak perlu jauh-jauh lagi menikmati alam savana ke luar negeri, karena di Indonesia sendiri kita bisa menemukannya.

Merasakan Sensasi dan Keindahan Afrika Di Pulau Jawa

 Penulis: Nao Tomori