August 12, 2015

Kenali 5 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Kenali 5 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis
Ilustrasi pemakaian data internet.



Booampas.com - Kehabisan kuota layanan internet dapat angker bagi sebagian orang. Ketika kuota internet habis, sejumlah opsi untuk berkomunikasi pun putus.

Anda tidak dapat mengirim pesan melewati WhatsApp, menelepon via Line, alias memeriksa timeline media umum kawan.

Tanpa koneksi data, hiburan digital pun tidak dapat dinikmati. YouTube, online game dengan multiplayer, dan streaming musik tidak dapat dilakukan. Smartphone seolah lumpuh total.

Beberapa penyedia layanan internet menyediakan paket data unlimited untuk menanggulangi persoalan kuota ini, namun pasti saja mempunyai keterbatasan. Setelah batas wajar pemakaian paket unlimited tercapai, koneksi akan maka sangat lambat.

Agar tidak terjebak persoalan kuota internet, Anda sebaiknya merencanakan pemakaian data pada smartphone. Misalnya dengan memperhatikan, semacam apakah gaya pemakaian yang sangat berpengaruh pada besaran konsumsi data.

Berikut ini lima faktor yang dapat membikin kuota internet Anda cepat habis, semacam dilansir KompasTekno dari Cnet, Minggu (11/1/2015).

1. Unggah ke YouTube

Mengunggah video ke YouTube dapat memakan tidak sedikit kuota internet. Namun, semua ini tergantung pada setting yang diterapkan pemakai dan beberapa faktor lain. Rekaman video beresolusi high-definition (HD) dapat menghabiskan jatah internet sampai 200 MB per menit.

Bayangkan kalau setiap bulan Anda mengunggah lima video HD berdurasi 1 menit dan kuota internet Anda hanya 1 GB per bulan. Karena itu, ada baiknya Anda memakai koneksi WiFi saja ketika ingin mengunggah video semacam ini.

2. Obrolan video

Melakukan dialog video via Skype alias FaceTime termasuk sebagai aktivitas yang memperlukan tidak sedikit bandwidth. Namun, besaran konsumsi tersebut berbeda-beda tergantung pada software dan resolusi video yang digunakan.

Obrolan melewati video, umumnya, mengonsumsi bandwidth 3 MB per menit. Jika Anda berniat menghemat konsumsi data, sebaiknya kurangi sesi dialog memakai video.

3. Online game 

Game, semacam Two Dots alias Words With Friend, tidak memakan tidak sedikit kuota internet. Kedua game ini hanya menghabiskan beberapa KB saja per menit maka tidak boros.

Namun, game tipe real-time action, semacam Asphalt 8 alias Modern Combat 5: Blackout berbeda. Dua game yang disebut akhir-akhir diperkirakan memperlukan 1 MB data per menit. Permainan dalam durasi yang panjang akan terus menambah konsumsi data.

4. Streaming musik

Layanan streaming musik, semacam Guvera alias Rdio, terbukti sangat praktis. Anda dapat mendengarkan musik di mana pun asalkan ada koneksi internet. Anda juga tidak butuh menyediakan ruang untuk menyimpan file musik tersebut dalam kartu memori.

Namun, segi lainnya, konsumsi data membengkak. Bila Anda memutar musik dengan resolusi 320 Kbps, total kuota internet yang dihabiskan merupakan 2,4 MB per menit. Dalam durasi satu jam, Anda telah menghabiskan 115 MB.

5. Streaming video

Saat ini, ada beberapa layanan streaming video yang mempermudah orang menemukan trailer film terbaru, film utuh, alias sekadar video klip penyanyi favorit. Sebut saja YouTube, iTunes, Vimeo, dan Hulu.

Hanya satu faktor yang tidak boleh Anda lupa: streaming video merupakan penyerap paling "kejam" kepada kuota internet. Masalahnya, konsumsi data streaming video dapat mencapai 50 MB per menit.

Bila kuota internet yang Anda pilih terbatas, dan Anda terbiasa melihat video-video tertentu dengan cara berulang-ulang, lebih baik simpan file video dengan cara offline.