August 27, 2015

Ketep Pass, Wisata Edukasi Vulkanologi Magelang Jawa Tengah



Ketep Pass adalah sebuah tempat wisata kegunungapian, disini kita bisa menikmati indahnya pemandangan alam sambil belajar tentang vulkanologi. Bagi anda yang ingin mengajak buah hati jalan-jalan sambil belajar, tempat ini bisa dijadikan pilihan yang tepat. Ketep Pass atau bukit Pass berlokasi di desa Ketep, Kec. Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Letaknya terletak sekitar 30 km dari kota Magelang. Ketep Pass berada di ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut, tepatnya antara gunung Merapai dan Merbabu serta memiliki luas area sekitar 8000 meter persegi. Karena tempat ini berlokasi di kaki Gunung Merapi, selain dijadikan tempat wisata Ketep Pass juga dijadikan sebagai laboraturium alam Gunung Merapi.

Akses untuk mencapai lokasi ini pun bisa dibilang cukup mudah. Anda bisa menggunakan berbagai jenis kendaraan karena jalur yang dilalui tidak terlalu sulit untuk dilewati. Jika anda akan berangkat dengan menggunakan kendaraan roda dua jangan lupa membawa jas hujan, karena hujan sering turun seiring perjalanan menuju tempat ini. Pakailah pakaian yang hangat karena hawa daerah pegunungan relatif dingin.

Di Ketep Pass anda akan disajikan pemandangan alam pegunungan yang sangat indah. Segarnya udara dan pemandangan yang memikat membuat kita merasa damai, cukup untuk menghilangkan segala rasa stress.
Dua buah teropong pun disediakan disini, masing-masing terdapat di puncak panca arga dan gardu pandang, sehingga para pengunjung bisa melihat keindahan pesona Gunung Merapi, Merbabu, dan gunung-gunung lain dengan lebih jelas dan detail. Gardu pandang merupakan dua buah gazebo yang disediakan sebagai fasilitas bagi para pengunjung, disini anda bisa melihat Gunung Merapi dan Merbabu lebih dekat dalam satu sudut pandang yang sama sehingga panoramanya sangat mengagumkan.
Di pelataran panca arga yang merupakan puncak tertinggi Ketep Pass, anda akan dibuat takjub karena bisa melihat melihat 5 buah gunung sekaligus (Merapi, Merbabu, Slamet, Sindoro dan Sumbing) yang menjulang tinggi, selain itu kita juga bisa melihat  gunung-gunung kecil seperti gunung Tidar dan gunung-gunung lainnya yang terhampar dengan indah.

Bukan hanya pemandangan alam saja yang disajikan di tempat ini. Disini terdapat Vulcano centre tempat kita belajar tentang vulkanologi. Museum ini yang letaknya dibawah Gardu Pandang Ketep Pass. Cukup membayar beberapa ribu rupiah untuk bisa masuk dan anda dapat menjelajahi seluruh ruangan sambil belajar. Di dalam museum ini terdapat informasi-informasi umum tentang gunung berapi, miniatur gunung Merapi, batu-batuan hasil dari letusan gunung Merapi dari tahun ke tahun, foto-foto dokumentasi yang menggambarkan kisah gunung Merapi dan komputer interaktif yang menyimpan segala data tentang kegunungapian.

Di sini juga terdapat Volcano Theatre. Untuk bisa masuk ke bioskop ini pengunjung harus membeli tiket dulu. Bioskop mini yang memiliki kapasitas 78 kursi ini menyajikan film dokumenter tentang berbagai aktifitas Gunung Merapi, fenomena letusan dahsyat Gunung Merapi dan lain sebagainya. Film yang diputar selama 25 samapai 30 menit ini akan membuat kita belajar dan mengerti sejarah Gunung Merapi. Harga tiket yang ditawarkan pun cukup murah.

Capek berkeliling, pengunjung bisa bersantai-santai sambil menyantap bekal yang kita bawa dari rumah sambil tetap dapat melihat keindahan alam Ketep Pass ataupun menyantap jagung bakar dan secangkir kopi panas yang banyak dijajakan para pedagang disini. Bila kita tidak membawa bekal, fasilitas restoran pun disediakan disini. Tapi jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan buanglah sampah bekas makanan anda pada tempatnya agar keindahan tempat ini selalu terjaga

Ketep Pass, Wisata Edukasi Vulkanologi Magelang Jawa Tengah